Tips Atasi Demam pada Anak

Posted on November 21, 2009. Filed under: Sehat Bersama | Tag:, , , |

Tingginya suhu tubuh pada anak seringkali menimbulkan kepanikan serta ketakutan tersendiri bagi orang tua. Ada anggapan bahwa demam tinggi adalah penyebab kejang demam, padahal itu tidak semua benar. Menurut Dr. Robert Mendelsohn dalam bukunya How to Raise A Healthy Child in Spite of Your Doctor, demam tinggi bukanlah penyebab utama kejang demam. Kejang tersebut baru terjadi saat suhu badan meningkat amat cepat, dan ini jarang terjadi.

Sebagian besar orang tua memahami bahwa obat-obatan penurun panas adalah cara yang paling tepat untuk mengobati demam, meskipun tidak semua demam berbahaya bagi anak. Beberapa hal yang perlu diketahui seputar demam sebagai berikut :

  1. Tidak semua demam berbahaya bagi anak. Dr Paul Theissen menuturkan bahwa bahwa berbagai penelitian menunjukkan demam adalah proses adaftasi penting dari tubuh anak untuk bertahan dari infeksi.
  2. Demam pada anak merupakan salah satu pertanda bahwa sistem imun/kekebalan tubuh pada anak sedang aktif. Diperlukan suhu tubuh yang meningkat untuk bekerjanya sistem imun ini (leukosit dan limfosit).
  3. Demam pada anak umumnya terjadi akibat infeksi virus maupun bakteri. Karenanya, demam pada anak tidak menyebabkan kerusakan otak / fisik. Dengan adanya demam, memungkinkan meningkatnya jumlah substansi antivirus di dalam tubuh.

Berikut ini tips yang diberikan bila anak anda demam :

  1. Kenali penyebab demam anak. Bila tidak terdapat riwayat kejang pada keluarga , maka demam tersebut tidak berpotetensi menimbulkan kejang.
  2. Bila suhu tubuh masih dibawah 38 derajat Celcius, tidak perlu obat, cukup pakai baju tipis, pakai selimut tipis dan boleh juga mandi air hangat.
  3. Usia dan lamanya demam anak perlu diperhatikan. Bila anak berusia dibawah 2 tahun mengalami demam lebih dari 1 hari, segera hubungi dokter anak.
  4. Bayi yang masih berusia dibawah 3 bulan harus segera mendapatkan pertolongan dokter.
  5. Pastikan anak anda cukup mendapat cairan supaya tidak terjadi dehidrasi. Pemberian semangkuk sup ayam hangat mampu meringankan gejala demam.
  6. Hindari pakaian berlapis bagi anak.
  7. Apabila anak menderita demam selama tiga hari berturut-turut dengan suhu tubuh mendadak tinggi, nyeri otot, mata kemerahan, badan lemas dan diikuti gejala nyeri di ulu hati, segera periksa ke dokter.
  8. Kompreslah anak dengan air hangat untuk menurunkan suhu tubuhnya dan membuatnya nyaman. Pastikan tubuh si kecil tidak kekurangan cairan dengan memberinya banyak minum atau makanan yang berkuah. Jika si kecil masih menyusui tetap berikan ASI. Terakhir, jangan pernah memberikan obat penurun demam tanpa konsultasi dengan dokter.
  9. Bila diperlukan obat penurun panas, parasetamol cukup aman untuk dikonsumsi.

Link terkait :

Inginkan pereda demam ?

Resep Herbal Pereda Demam

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: